Liburan Panjang

Published by 130115 at 10.14.


Tes 1 2 3 . ..Prakata

Kapankah liburan sekolah terpanjang? generasiku biasanya menjawab "liburan puasa jaman Gus Dur". Yup, liburan 1 bulan itu memang sangat panjang. Tapi, coba tanya anak Jurusan Arsitektur Universitas Diponegoro. Pasti jawabnya adalah liburan akhir semester.

Liburan ala Gus Dur tidak ada sebanding dengan libur anak Arsitektur selama 3 bulan! Bosen? Sudah pasti. Tapi saya melakukan beragam aktivitas agar waktu saya menadi bermanfaat. Cekidot ...

1

Perbaikan Gizi

Jurusan Arsitektur sangat idendik dengan tugas yang sangat menyita waktu, entah itu masalah makan, tidur atau mandi! Jadwal sehari-hari menjadi sangat kacau. Yang menjadi perhatian utamaku adalah masalah makan. Minimal menambah satu porsi makan dan susu sebelum tidur

Susu

2

Sepeda

Sepedaku sudah mangkrak selama 4 tahun, padahal ini adalah sepeda rakitan sendiri. Semua partnya dicari sendiri, kalau jaman sekarang kayak ngerakit fixie lah. Dari semua part yang ada, yang kubanggakan adalah internal gear belakang turunan sepeda kuno karena ini part yang sangat langka.

Yup, target kedua adalah menyehatkan tubuh. Kuliah tidak menyisakan saat untuk bersepeda, saat libur akhir pekan pun banyak tugas menumpuk atau dipakai istirahat. Liburan ini paling tidak setiap minggu pagi/jumat malam bersepeda ke Simpang Lima dan bersepeda saat pagi dan malam keliling komplek bareng adik atau tetangga.

Sepeda Rakitan


3

Kucing

Ini adalah kucing kesayanganku. Kucing ini lagi aktif-aktifnya seperti lari-lari atau loncat-loncat tidak jelas. Lucu banget deh.

Kucing Item

4

3D modelling and rendering

Karena saya adalah mahasiswa arsitektur maka hal ini sebagai teknik pendukung presentasi. Bermain 3D sangat menyenangkan karena bisa menjaga kreatifitas agar tidak lapuk dimakan liburan lama. Selain itu di akhir semester 2 ini saya ingin mempelajari 3D agar ketika semester tinggi tidak "ngoyo" dan mengganggu kuliah untuk mempelajari 3D.

Google SketchUp Pro 8 + V-ray

SketchUp sangat mudah digunakan, tapi ketika membuat bentuk organik yang melekuk-lekuk maka sangat susah mengedit poligonnya karena tidak bisa digerakkan pada satu sumbu saja selain itu jika ingin membuat objek yang detail sangat susah karena viewnya terhalang. Tapi untuk model arsitektur yang biasanya mengotak maka SketchUp sudah mencukupi kecuali akan membuat struktur yang ektrim. Untuk rendering saya menggunakan V-ray, tapi sayang di -ray for SketchUp tidak atmosfer condition.

3ds Max 2010

Saya baru 2 minggu ini menggunakan 3ds Max dan basic modellingnya mengerti dikit. Untuk rendering menggunkan built-in MentalRay. 3Ds Max cukup menyenangkan untuk segala jenis modelling baik organik atau biasa tapi dengan banyaknya pengaturan modelling, akan lama untuk menjadi menguasai semuanya. Setingan MentalRay cukup komplit sampai ada atmosfer condition. Tapi pengen beralih ke V-ray for 3ds Max.

Foto 3D

5

Web Design & Blogging

Sudah menjadi jadwal setiap ada liburan, saya kembali mengutak-atik web design yang selama 3 bulan ditinggal karena kuliah, selain itu agar tetap ingat dan mengupdate perkembangannya. Ini merupakan skill yang saya dapat ketika liburan lulus SMA. Saya rasa skill ini cukup bermanfaat di era internet.

Wordpress

Liburan semester lalu saya membuat tema yang support WP E-Commerce dengan blog option, post meta, AJAX reply system, jQuery, dll ampe rumit banget. Tapi baru selesai 30% doang karena saya belum membuat desain page dan page yang mendukung toko online. Di liburan ini saya ingin melanjutkan pekerjaan yang tertunda itu lalu dilempar ke Wordpress.org secara gratis, biasanya tema WP E-Commerce berbayar.

Blogger

Yup, realisasinya adalah blog ini. Alasan pengen ngeblog ya karena pengen aja :P. Sebenarnya saya kurang familiar dengan Blogger tapi sebenarnya template tagnya mudah dipelajari karena sangat sederhana, saking sederhana sampai saya kesulitan menkonversi tema blog ini yang aslinya saya buat untuk plaform Wordpress. Jujur, Blogger cukup mengecewakan karena ketika saya mencoba tema versi xml error terus tanpa debug yang jelas (jengkel banget) lalu pindah ke tema versi html dan ternyata tidak mendukung label.

Foto Web Design

Label: